Dukung Budidaya Ikan Tilapia Berkelanjutan di Danau Toba, Darma Wijaya Kunjungi RSI

Toba,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Adlin Tambunan, Sekdakab H M Faisal Hasrimy dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hedi Novria melakukan kunjungan sekaligus melihat secara langsung proses pembesaran ikan Tilapia ke lokasi budidaya Ikan Tilapia di Danau Toba, Sabtu (18/3/2023).

Kunjungan tersebut untuk melihat operasional budidaya ikan Tilapia berkelanjutan yang dilakukan oleh Regal Springs Indonesia RSI (PT Aqua Farm Nusantara). Kemudian mengenalkan tentang komitmen perusahaan dalam menjalankan operasional, khususnya dalam budidaya ikan Tilapia secara bertanggungjawab dengan meminimalkan dampak terhadap lingkungan dengan mengurangi jejak ekologi.

“ Kami mengapresiasi bentuk keseriusan perusahaan dalam mendukung RSI berkelanjutan dan terintegrasi mulai dari pembenihan, pembesaran hingga pengolahan. Dengan adanya pembenihan serta pabrik pengolahan PT Aqua Farm Nusantara di Sergai, harapannya dapat lebih baik lagi khususnya dalam peningkatan kapasitas produksi, sehingga dampak positifnya adalah membuka lebih banyak lapangan kerja, menjaga rantai pasokan pangan dan iklim investasi yang lebih kondusif terutama di Sumatera Utara (Sumut),” kata Darma Wijaya.

Dalam hal ini, pihak RSI telah mendapatkan sertifikasi tertinggi baik secara nasional maupun dari badan sertifikasi independent internasional, berkat  komitmennya memenuhi dan mematuhi persyaratan serta standar yang berlaku pada industri akuakultur,

Adapun sertifikasi tersebut, di antaranya sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Best Aquaculture Practices (BAP), Aquaculture Stewardship Council (ASC), dan BRCGS Global Food Safety Standard.

Sedangkan Lake Manager RSI, Friska S. Saragih menjelaskan jika program-program akuakultur yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan keterlacakan optimal yang dijalankan perusahaan mulai dari pembenihan di Serdang Bedagai hingga pembesaran ikan Tilapia di Danau Toba.

Seperti program pemantauan dan pengujian kualitas air di laboratorium, proses panen, serta pemberian pakan ikan terapung rendah fosfor yang ramah lingkungan.

“Sebagai bagian dari pemenuhan standar lingkungan di wilayah operasional perusahaan serta melindungi ekosistem, kami memiliki inisiatif dan inovasi cara budidaya ikan yang bertanggungjawab. Di antaranya pembenihan ikan Tilapia unggul di lokasi yang kami miliki sendiri, produksi ikan Tilapia dengan kualitas premium dan tertinggi dengan memerhatikan dampak dan jejak ekologi, program rutin uji sampling kualitas air dan endapan di Danau Toba secara berkala,” jelas Friska.(Media Center Sergai)

Teks/Editor : Rini Ry

Admin : Julia

896 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *