YKI Sergai-Provinsi Sumut Kolaborasi Sosialisasikan Pencegahan Kanker Usia Dini

Sei Rampah,

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya mendampingi Ketua YKI (YKI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ny. Hj. Nawal Lubis Edy Rahmayadi, dalam roads show ke sekolah untuk mengedukasi pencegahan kanker sejak dini terhadap para remaja. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sei Rampah, Senin (17/4/2023).

Dalam sambutannya, Rosmaida Saragih menyampaikan jika kanker adalah penyakit mematikan yang sering kali menimbulkan ketakutan bagi banyak orang. Namun, kita bisa melakukan beberapa tindakan untuk mencegah terjadinya kanker atau menurunkan risiko terkena kanker, terutama pada usia dini.

Menurut Ketua YKI Cabang Sergai itu, mencegah terjadinya kanker pada usia dini adalah langkah yang sangat penting untuk menjaga Kesehatan. Ia kemudian menyebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker pada usia dini, salah satunya adalah menjaga pola makan yang sehat dan bergizi.

“Kita dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan, dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, kita dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan mencegah terjadinya kanker pada usia dini,” ujarnya.

Selain itu, ia berpendapat bagi individu yang memiliki riwayat keluarga yang memiliki kanker, sangat penting juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan teratur, terutama jika sudah memasuki usia dewasa.

“Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, kita dapat mengetahui adanya gejala atau tanda-tanda awal kanker dan melakukan tindakan medis secepat mungkin. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan melakukan skrining kanker, kita dapat menemukan kanker pada tahap awal dan melakukan tindakan medis yang tepat dan efektif untuk mencegah kanker berkembang lebih lanjut dan mengurangi risiko kematian akibat kanker. Oleh karena itu, bagi individu dengan riwayat keluarga yang memiliki kanker, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan memperhatikan tanda-tanda awal kanker untuk mencegah risiko terkena kanker pada usia dini,” jelasnya.

Sebelumnya Nawal Lubis menjelaskan, jika kehadiran YKI Provinsi Sumut lewat roadshow ke sekolah bertujuan untuk memberikan pemahaman di kalangan pelajar tentang apa itu kanker, penyebab dan jenis, serta cara pencegahan dan tindakan jika telah terkena penyakit kanker.

“Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Sumut, termasuk Kabupaten Sergai. Tema kegiatan ini adalah Cegah Kanker pada Remaja dengan CERDIK. Cerdik merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres,” ujarnya lagi.

 

Kegiatan kali ini juga dihadiri antara lain oleh Wakil Ketua YKI Cabang Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Sekretaris YKI Provinsi Sumut Dr. Siti Zahra Nasution, SKP, MNS, Kepala Dinas Kesehatan Sergai Selamat Hartono, SKM, MKM, Kepala SMA Negeri 1 Sei Rampah Rizki Hasanah Nasution, serta para siswa-siswi. (Mefia Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

 

846 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *