Pemkab Sergai-Lantamal I Belawan Sinergi Sejahterakan Masyarakat Pesisir Lewat Program KBN

Tanjung Beringin,

Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin resmi mendapat predikat sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN). Ini ditandai dengan peresmian yang dilakukan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, yang disaksikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan, Senin (15/5/2023).

Wabup Adlin menilai positif peresmian desa pesisir sebagai KBN. Ia menjelaskan, KBN merupakan program yang diinisiasi oleh TNI AL untuk menyelesaikan berbagai persolan yang ada di kawasan dekat pantai. Dirinya menuturkan, program ini sudah dilaksanakan di seluruh wilayah oleh komandan-komandan pangkalan, baik Lantamal maupun Lanal, di seluruh jajaran.

“Terima kasih atas kontribusi TNI AL, terkhusus kepada Danlantamal I Belawan, berkat kehadirannya telah membangun desa ini. Kami dari Pemkab Sergai akan melanjutkan apa yang sudah diawali dengan baik, agar Kampung Bahari Nusantara Desa Bagan Kuala lebih maju dan berkembang,” kata Adlin Tambunan.

 

Masih lanjut Wabup, program KBN sendiri terbagi ke dalam 5 klaster yaitu edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan pertahanan.

“Ini sejalan dengan upaya saya dan Pak Bupati untuk melaksanakan pembangunan secara menyeluruh yang tertuang dalam visi mewujudkan Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Semoga sinergi antara Pemkab Sergai dan TNI AL lewat program ini mampu mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Di kegiatan serupa, Danlantamal I Belawan Johanes Djanarko Wibowo menyebut peresmian kali ini merupakan momen spesial karena serentak dilakukan secara nasional.

“Ini merupakan kali pertama peresmian dilaksanakan bersama-sama di seluruh Indonesia. Kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu program TNI AL untuk mengangkat potensi maritim wilayah pesisir di Indonesia,” ucapnya.

Ia merinci, 5 klaster yang difokuskan dalam program ini yaitu pertahanan yang merupakan upaya memberdayakan masyarakat pesisir sebagai komponen pendukung pertahanan negara. Selanjutnya klaster ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Ada pula klaster edukasi di mana tujuannya meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat terkait teknologi dan nilai-nilai kebangsaan. Kemudian, klaster kesehatan berisi kegiatan penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat melalui peningkatan pelayanan puskesmas dan pondok bersalin desa (Polindes). Terakhir, klaster pariwisata untuk memberdayakan desa menjadi destinasi wisata bahari yang berkelanjutan,” rincinya.

Turut hadir dalam peresmian ini unsur FORKOPIMDA Kabupaten Sergai, Jajaran Lantamal I Belawan, Camat Tanjung Beringin, para Kepala Desa, serta masyarakat sekitar. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

 

1.023 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *