Pemkab Sergai-PT Inter Royal Mediline Jalin Kerja Sama Unit HD, Fasilitas RSUD Sultan Sulaiman Makin Lengkap

Sei Rampah,

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Tanah Bertuah Negeri Beradat kembali dibuktikan lewat pembahasan kerja sama pembukaan Unit Hemodialisa (HD) antara PT. Inter Royal Mediline dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman. Kegiatan ini berlangsung di ruang kerja Bupati, Sei Rampah, Senin (22/5/2023).

Rencana kerja sama ini disambut Bupati Darma Wijaya dengan rasa bahagai. Ia mengatakan jika pihaknya memang berupaya meningkatkan fasilitas dan layanan kesehatan bagi masyarakat Sergai, terutama di RSUD Sultan Sulaiman.

“Sebagaimana kita ketahui, kesehatan adalah hak asasi setiap warga negara, oleh karena itu pemerintah berkewajiban menyelenggarakan upaya kesehatan sebagai pertanggungjawaban dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Maka dalam rangka pengembangan pelayanan kesehatan di RSUD Sultan Sulaiman serta untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, maka kerja sama ini dilaksanakan,” ujarnya.

Masih menurut Bupati, Sultan Sulaiman yang merupakan RSUD milik Pemkab Sergai ikut melaksanakan misi pemerintah daerah, terutama pada poin “masyarakat sehat dan religius” yang termuat dalam Sapta Dambaan (SAPDA) yang merupakan 7 program prioritas kabupaten.

Ia menuturkan, pasien penyakit ginjal dengan fungsi ginjal yang sudah mengalami penurunan, memerlukan tindakan yang disebut cuci darah (hemodialisa) untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh.

“Dengan membuka unit HD maka RSUD Sultan Sulaiman akan dengan cepat melaksanakan pelayanan kesehatan terutama dalam tahap kuratif dan rehabilitatif. Tujuannya adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Sergai. Maka saya mendukung untuk melaksanakan kerja sama ini,” tegasnya.

Darma Wijaya mengungkapkan dengan adanya kerja sama ini maka yang tadinya masyarakat yang ingin cuci darah hanya bisa dilakukan di luar daerah, nanti tidak perlu jauh-jauh lagi karena akan dibuka unit HD di RSUD Sultan Sulaiman.

“Saya berharap agar semua peralatan yang akan digunakan dalam unit HD nantinya digunakan secara maksimal dan memperhatikan perawatan alat tersebut agar bisa dipergunakan dalam waktu yang lama. Layanan HD in sangat penting karena berkaitan dengan kualitas hidup pasien. Ketika pasien menjalani Hemodialisis di tempat yang jauh dari tempatnya berdomisili, bukan hanya kualitas hidup pasien yang terganggu tetapi juga akan meberikan dampak dari sosial ekonominya,” tambahnya lagi.

Kepada seluruh tenaga rumah sakit, tak lupa dirinya mengucapkan terima kasih atas pengabdian kepada masyarakat Sergai.

“Dengan dibukanya unit HD ini, Darma mengharapkan kinerja seluruh pegawai RSUD Sultan Sulaiman dapat semakin meningkat sesuai dengan visi dan misi dirinya dan Wakil Bupati H. Adlin Tambunan sebagaimana tertuang dalam Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sergai 2021-2026 yaitu menjadikan Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandas Bupati.

Hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia M. Kahar Efendi, S.Sos, Sekretaris Dewan Kabupaten Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Sergai Selamat Hartono, SKM, MKM, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr. Ahmad Idris Daulay, Kepala Dinas Bappenda Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si, Kepala Bagian Kerja Sama Richard Humisar Parulian Nainggolan S.Sos, M.Si, dan perwakilan PT. Inter Royal Mediline. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

874 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *