Kunjungan Jajaran DPRD Provsu Dapil IV, Bupati Darma Wijaya Harap Kunker Dapat Serap Aspirasi

 Sei Rampah,

Mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius, dilakukan dengan beragam upaya. Salah satunya dengan menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak termasuk dari kalangan Legislatif.

Hal ini terlihat saat Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Wabup H Adlin Tambunan, Rabu (7/6/2023) menerima kunjungan kerja (kunker) Pimpinan dan Anggota DPRD Provsu Daerah Pemilihan (Dapil) IV di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Mengawali sambutannya Bupati Darma Wijaya mengucapkan selamat datang kepada jajaran DPRD Provsu sembari berharap atas kunjungan ini dapat menyerap secara langsung berbagai aspirasi dan informasi mengenai permasalahan aktual dan pembangunan di Tanah Bertuah Negeri Beradat khususnya bidang sosial, pertanian dan pendidikan. Sehingga nantinya akan dapat dirumuskan kebijakan-kebijakan yang efektif di tingkat Provsu untuk membantu permasalahan di Sergai.

Di hadapan seluruh anggota DPRD yang hadir, Bupati melaporkan jika penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Sergai berlangsung dengan baik dan kondusif. Pemkab Sergai Menggiatkan pembangunan segala sektor untuk mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus.

“ Selama delapan belas tahun berdiri, tentu telah banyak pembangunan yang dilaksanakan, baik pembangunan fisik maupun pembangunan SDM yang ditandai dengan meningkatnya beberapa capaian indikator makro sosial ekonomi sebagai hasil dari pembangunan seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sergai tahun 2022 sebesar 71,21 (kategori tinggi),” jelas Bupati yang juga didampingi Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan beberapa Kepala OPD.

Ia merinci jika persentase penduduk miskin di Sergai juga mengalami penurunan setiap tahun. Di tahun 2022, persentase penduduk miskin sebesar 7,82% atau menempati peringkat ke-4 persentase penduduk miskin terkecil di Sumut. Sedangkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) tahun 2022 sebesar 3,93 atau menurun sebanyak 1,61 poin dari tahun 2021.

“ Untuk laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sergai mulai dari tahun 2015 sampai 2019 sudah mencapai di atas 5%. Dengan adanya pandemi Covid-19 berdampak cukup besar terhadap kondisi perekonomian dunia tidak terkecuali di Sergai yang menyebabkan penurunan yang cukup drastis. pada tahun 2022 sebesar 4,46 %,” rinci Bupati sembari menambahkan pembangunan sektor ekonomi juga menunjukkan peningkatan yang cukup baik terutama di bidang pertanian dan perikanan.

Dalam hal pelayanan kepada masyarakat, lanjut Bupati lagi, di tahun 2022 indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan Pemkab Sergai mencapai angka 84,36 yang dapat dilihat dari beberapa jenis pelayanan diantaranya, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan administrasi kecamatan dan pelayanan kesehatan.

Terakhir, Bupati mengemukakan jika Pemkab Sergai telah mengusulkan 112 kegiatan bidang pemerintahan dan pembangunan manusia (PPM), PKSDA, infrastruktur dan kewilayahan melalui Musrenbang Provsu tahun 2024. Oleh karenanya ia pun berharap dukungan dari jajaran Legislatif Provsu agar dapat terealisasi di Kabupaten Sergai.

“ Kami berharap sinergitas antara pemerintah provinsi dan pemerintah daerah untuk melaksanakan pembangunan di Kabupaten Sergai. Kami menyadari bahwa anggaran keuangan yang terbatas sehingga membutuhkan dukungan dari beberapa pihak terutama dari pemerintah yang di atas,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua Komisi IV DPRD Provsu Delvin Barus menyampaikan jika tujuan lawatannya adalah untuk melihat hasil program, kegiatan dan sub kegiatan APBD Provsu Tahun Anggaran 2022. Ia pun mengapresiasi kinerja Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan dalam menakhodai Kabupaten Sergai.

Menurutnya dalam kurun waktu 2,5 tahun, pasangan Dambaan mampu menggenjot pembangunan khususnya infrastruktur jalan di Tanah Bertuah Negeri Beradat sehingga mengalami peningkatan yang luar biasa.

“ Saya melihat pembangunan infrastruktur jalan mulai dari pelosok desa sudah banyak yang menghitam. Jalan-jalan di desa-desa sudah banyak yang di aspal,” tutup Delpin Barus mengapresiasi Bupati dan Wabup Sergai.

Turut hadir di jajaran DPRD Provsu Dapil IV, Ir. Loso mena, Asmi Yuli Sitorus, Dimas Triadji dan para Kepala OPD Provsu. (Media Center Sergai).

Teks/ Editor : Rini Ry

Reporter : Brojeps

959 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *