Cegah Rabies, Pemkab Sergai Suntik 1000 Hewan Peliharaan

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) melaksanakan vaksinasi rabies massal untuk mencegah penyakit menular hewan strategis. Hewan yang akan divaksin seperti anjing, kucing, dan kera yang rentan terhadap virus ini dan saat ini disediakan 1.000 dosis vaksin. Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Sergai Drh. Andarias Ginting, MSi, melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Taruli Sri Martha Purba, S.Pt bersama Drh. Taqqiyuddin Harahap, M.Kes, saat melakukan sosialisasi di Studio Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati, Rabu (21/6/2023).

Disampaikan Drh. Taqqiyuddin bahwa penyakit rabies bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi rabies pada hewan.

“Penyakit Rabies atau anjing gila adalah penyakit yang sangat berbahaya dan belum ada obatnya. Untuk itu diminta agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati. Para petugas juga dikerahkan akan segera bergerak melaksanakan vaksinasi atas hewan-hewan peliharaan,” ujarnya.

Pelaksanaan Vaksinasi Rabies

Petugas Lapangan dari Dinas Ketapang melaksanakan vaksinasi atas hewan peliharaan anjing di beberapa desa hari ini, Kamis, (22/6/2023), di antaranya desa Makmur Kecamatan Teluk Mengkudu, Desa Pematang Pelintahan dan Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Taruli Sri Martha Purba, S.Pt saat ditemui di lokasi menyampaikan jika jumlah hewan peliharaan yang sudah divaksin hari ini sejumlah 60 ekor.

 

“Tim bergerak dari rumah ke rumah mendatangi rumah warga dan melaksanakan vaksinasi dan rencananya akan diteruskan ke desa-desa lain yang berdekatan. Bagi pemilik hewan peliharaan yang sudah disuntik vaksin, akan diberikan sertifikat keikutsertaan program vaksinasi rabies,” jelasnya.

 

920 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *