Di HUT Apkasi, Bupati Sergai Tegaskan Komitmen Dukung Sektor Swasta

 

Kebumen,

 

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) punya perhatian yang tinggi dalam menghidupkan sektor swasta demi mewujudkan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya di sela-sela keikutsertaannya pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (HUT APKASI) yang digelar di Dharmawangsa Ballroom, Hotel Tri Azuna Style, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (22/06/2023).

Bupati Sergai menyampaikan, pada momen ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi dengan pihak swasta demi memajukan daerah. Ia mengatakan, Mendagri percaya jika sektor swasta memegang peranan yang sangat vital dalam kerja pembangunan.

 

“Pak Menteri tadi mengatakan, dihidupkannya sektor swasta akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang bisa menjadikan daerah tersebut memiliki kemandirian fiskal. Banyaknya daerah yang ingin mekar namun belum berhasil menjadikan daerahnya mandiri fiskal secara bersamaan membebani keuangan negara,” ungkap Darma Wijaya.

 

Masih mengutip Mendagri, Bupati menyebut ada beberapa daerah yang berhasil mandiri secara fiskal dimana PAD nya lebih besar dari dana transfer keuangan pusat, namun tidak dipungkiri ada pula kabupaten/kota lain yang setelah dimekarkan namun tidak mampu mandiri secara fiskal dan hanya berharap dari transfer dana pusat untuk menjalankan pemerintahannya.

Maka dari itu, sambungnya, lini swasta di suatu daerah harus mendapat perhatian yang layak supaya status “mandiri fiskal” suatu daerah dapat tercapai.

 

“Itu seturut dengan implementasi kebijakan yang telah saya dan Wakil Bupati jalankan. Pihak swasta acap terlibat dalam kerja pembangunan yang diinisiasi oleh Pemkab Sergai. Salah satunya yang paling nyata adalah kerja sama Pemkab Sergai dengan Forum Tanggung jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) untuk melakukan normalisasi sungai demi mencegah bencana banjir,” ujar Bupati.

 

Darma Wijaya yang juga merupakan Koordinator APKASI wilayah Sumut, juga mengatakan kalau dirinya meminta kepada perwakilan OPD terkait untuk memanfaatkan kegiatan pada hari ini sebagai acuan atau referensi yang bisa dipakai untuk diterapkan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

 

“Di acara ini, kita bisa melihat berbagai kisah sukses dari daerah lain se-Indonesia. Semoga ini bisa semakin menginspirasi kita untuk semakin meningkatkan kualitas kerja pembangunan di Kabupaten Sergai,” tandasnya.

 

Acara tahunan tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Apkasi Sutanriska, serta para Bupati se-Indonesia. (Media Center Sergai).

 

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : chan

802 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *