Pemkab Sergai  – OJK Sinergi Dorong Peningkatan Inklusi Keuangan Melalui Kemandirian Ekonomi Desa

Sipispis,

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus bersinergi mendorong peningkatan inklusi keuangan  untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah. Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar kegiatan sosialisasi implementasi keuangan inklusif di Desa Buluh duri Kecamatan Sipispis , Kamis ( 22/6/2023).

Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian, Riris Julita Ambarita menyampaikan bahwa keuangan inklusif ialah ketersediaan akses akan berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan formal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“ Tentu kami berharap masyarakat Desa Buluh Duri bersama pelaku UMKM serta lokasi arung jeram Bah Bolon dapat menggunakan fasilitas perbankan untuk  menabung,  tarik tunai melalui mesin ATM. Kemudian transaksi perbankan secara online melalui internet banking, mobile banking yang dengan mudah dapat diakses,” jelasnya.

Sedangkan Kadis Poraparbud, Akmal menyampaikan harapan yang serupa agar lokasi wisata ini bisa memanfaatkan dan menerapkan fasilitas dari Perbankan yang ditawarkan.

“ Tentunya kita ingin di lokasi wisata arung jeram ini makin diminati oleh wisatawan. Jika makin banyak pengunjung maka pendapatan masyarakat akan meningkat pula. Oleh karenanya kami mengimbau para pelaku usaha dapat benar-benar memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh Perbankan sehingga akses keuangan di tiap-tiap lokasi berjalan dengan lancar,” katanya.

Sedangkan Kabag Kemitraan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah OJK KR 5 Sumbagut, Solihin menyampaikan jika layanan Perbankan ini bisa dimanfaatkan untuk pinjaman modal usaha

“ OJK bersama perwakilan Bank Sumut dan Bank BNI cabang Tebing Tinggi hari ini  menyosialisasikan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) pada pelaku usaha dan UMKM di Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis. Harapannya di sekitar lokasi wisata arung jeram ini dapat menggunakan transaksi non tunai (cashless),” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Nakerkop Ikhsan, perwakilan dari Bank BNI cabang Tebing Tinggi, Bank Sumut cabang Sei Rampah dan Sipispis serta para pelaku usaha. (Media Center Sergai/ Hans/Rini Ry).

616 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *