Akan Punya Unit Hemodialisa di RSUD Sultan Sulaiman, Bupati Sergai Yakin Layanan Kesehatan Makin Berkualitas

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) yang mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai menandatanagani kesepakatan bersama dengan PT. Inter Royal Mediline sekaligus menandatangani Perjanjian Kerja Sama antara PT. Inter Royal Mediline dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman. Acara ini berlangsung di Pendopo Kerajaan Negeri Bedagai, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (18/7/2023).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan kesehatan adalah hak asasi setiap warga negara, oleh karena itu pemerintah berkewajiban menyelenggarakan upaya kesehatan sebagai pertanggungjawaban dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Maka dalam rangka pengembangan pelayanan kesehatan di RSUD Sultan Sulaiman serta untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, ia menyebut dilakukanlah kerja sama untuk pembukaan unit Hemodialisa (HD).

Ia menerangkan, pasien penyakit ginjal dengan fungsi ginjal yang sudah mengalami penurunan, memerlukan tindakan yang disebut hemodialisa atau yang umum dikenal dengan istilah cuci darah untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh.

“Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama pasien yang memerlukan cuci darah, pemerintah berkomitmen membuka unit hemodialisa di RSUD Sultan Sulaiman. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke tempat yang jauh. Saya berharap semua peralatan di unit HD ini akan dimanfaatkan secara maksimal dan dirawat dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama,” kata Bupati.

Dijelaskan oleh Bupati, layanan HD ini sangat penting karena berkaitan dengan kualitas hidup pasien. Menurutnya ketika pasien menjalani HD di tempat yang jauh dari tempatnya berdomisili, bukan hanya kualitas hidup pasien yang terganggu tetapi juga akan memberikan dampak dari sosial ekonominya.

“Kepada seluruh tenaga rumah sakit saya mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya kepada masyarakat Sergai. Dengan dibukanya unit HA ini, saya mengharapkan bisa lebih meningkatkan lagi kinerja seluruh pegawai RSUD Sultan Sulaiman,” lanjutnya sembari menambahkan jika kehadiran unit HD ini secara langsung akan berdampak pada peningkatan penerimaan asli daerah (PAD).

Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini kemudian menyebut, sesuai dengan visi dan misi sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sergai tahun 2021-2026 yaitu menjadikan Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius, maka RSUD Sultan Sulaiman yang merupakan rumah sakit umum daerah milik Pemkab Sergai ikut melaksanakan misi pemerintah daerah yaitu masyarakat sehat dan religius.

“Dengan membuka unit HD ini, maka rumah sakit ini akan dengan cepat melaksanakan pelayanan kesehatan terutama dalam tahap kuratif dan rehabilitatif. Tujuannya adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Sergai. Saya jelas mendukung pelaksanaan kerja sama antara PT. Inter Royal Mediline dengan RSUD Sultan Sulaiman untuk pembukaan unit HD. Tetaplah bersemangat dan bekerja sama membangun pelayanan kesehatan di Kabupaten Sergai,” tandasnya.

Direktur PT. Royal Inter Mediline Joseph Tanuwijaya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati atas kerja sama yang telah terjalin antara pihaknya dan Pemkab Sergai lewat RSUD Sultan Sulaiman. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, ia menyebut jika perusahaan yang ia pimpin memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan di rumah sakit.

“Kehadiran layanan hemodialisis di RSUD Sultan Sulaiman diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan ginjal dan membutuhkan perawatan khusus. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan pasien tidak lagi perlu berpergian jauh untuk mendapatkan perawatan, sehingga dapat mengurangi beban dan biaya yang harus mereka keluarkan,” katanya.

Sementara itu Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr. Ahmad Idris Daulay menjelaskan pembangunan unit hemodialisis akan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Ia menyebut punya komitmen tinggi untuk menyelesaikan pembangunan ini sesegera mungkin agar target pengoperasian di awal tahun dapat tercapai.

“Kami percaya bahwa sinergi antara PT Royal Inter Medilina dan RSUD Sultan Sulaiman akan menghasilkan dampak positif yang besar dalam dunia kesehatan, dan semoga langkah ini dapat memberikan solusi nyata bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas,” harapnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, serta perwakilan OPD terkait.

694 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *