Setelah Kampung Budaya Melayu, Jawa, dan Banjar, Bupati Sergai Resmikan Kampung Budaya Batak Toba

Dolok Masihul,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati H. Adlin Tambunan meresmikan Kampung Budaya Batak Toba yang ada di Desa Huta Nauli, Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (13/9/2023).

Lewat sambutannya, Bupati menegaskan jika Kampung Budaya Batak Toba di Desa Huta Nauli bukanlah sekadar simbol atau dekorasi semata, tetapi sebuah wadah yang akan menjadi cerminan kekayaan budaya, tradisi, dan identitas masyarakat Batak Toba di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

  

“Kita berharap agar kampung budaya ini dapat menjadi destinasi budaya yang membanggakan dan menarik perhatian wisatawan. Kampung Budaya Batak Toba di Desa Huta Nauli melengkapi daftar kampung budaya yang telah lebih dulu kami resmikan yaitu Kampung Budaya Melayu di Tanjung Beringin, Kampung Budaya Jawa di Kampung Ibus, Desa Sei Rampah, dan Kampung Budaya Banjar di Desa Lubuk Cemara Perbaungan,” ucapnya.

 

Ia menyampaikan tujuan utama pendirian kampung budaya ini adalah untuk melestarikan adat, tradisi, dan budaya yang telah tergerus oleh perkembangan zaman. Menurutnya, seluruh pihak tidak boleh membiarkan warisan budaya hilang begitu saja. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat, terutama pemuda dan generasi muda, untuk berperan aktif dalam melestarikan adat budaya kita.

“Di dalam kampung budaya ini, kita akan menjadikan segala hal yang berhubungan dengan budaya Batak Toba sebagai prioritas. Ini termasuk pelestarian pakaian adat, pelaksanaan upacara adat, pertunjukan tari tradisional, makanan khas, dan lainnya. Kampung Budaya Batak Toba di Desa Huta Nauli akan menjadi tempat pembelajaran dan apresiasi budaya kita,” ucapnya.

 

Terakhir, Bupati Sergai juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung Kampung Budaya Batak Toba ini, agar menjadi destinasi wisata budaya yang mampu berkontribusi besar pada perkembangan keberagaman budaya di Kabupaten Sergai.

“Mari kita sama-sama menjaga dan mempromosikan kekayaan budaya kita,” tutupnya.

 

Di kesempatan ini Bupati juga menyerahkan bantuan berupa 10 pasang pakaian adat Toba kepada Ketua Adat Toba di Desa Huta Nauli.

Hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimda Kabupaten Sergai, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih, para asisten dan staf ahli, kepala OPD, unsur Forkopimcam, para tokoh masyarakat, dan tokoh agama. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Maya

594 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *