Bupati dan Wabup Sergai Terima Audiensi HMKI dan Bawaslu

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan kembali menerima kunjungan audiensi dari beberapa pihak eksternal di ruang kerjanya, di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (19/9/2023). Pada kesempatan pertama, Bupati menerima kehadiran pengurus Dewan Pengurus Cabang Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Sergai.

Membuka sambutannya, Bupati menyampaikan jika Kabupaten Sergai adalah salah satu daerah dengan keberagaman masyarakat yang terjaga harmonis sejak dulu. Meskipun Tanah Bertuah Negeri Beradat kental dengan budaya Melayu, namun kelompok etnis lain hidup nyaman di sini.

“Baru-baru ini kami meresmikan Kampung Budaya Batak di Dolok Masihul. Sebelumnya sudah diresmikan pula Kampung Budaya Melayu, Banjar, dan Jawa. Ini membuktikan jika kami punya perhatian yang tinggi terhadap pelestarian budaya karena kami menyadari betul pentingnya fungsi budaya terutama bagi generasi muda,” ucapnya.

Kehadiran HMKI di Kabupaten Sergai, sebut Bupati, juga merupakan hal yang patut diapresiasi. Lewat organisasi ini Ia berharap budaya Karo dengan segala keluhurannya dapat tetap terjaga.

“Selain itu saya berharap HMKI bisa menjadi wadah bagi masyarakat Karo Sergai untuk kemudian berkontribusi bagi pembangunan daerah,” ucapnya.

Di kesempatan ini juga Ketua DPC HMKI Kabupaten Sergai Elianta Sembiring mengundang Bupati dan Wakil Bupati untuk mengahadiri Pelantikan DPC HMKI Sergai yang akan dilaksanakan 15 Oktober mendatang.

 

Kemudian setelahnya, Bupati dan Wabup Sergai menerima audiensi dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai menyampaikan jika pemilu adalah salah satu momen penting dalam proses demokrasi, dan menjaga keamanan serta netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu adalah tanggung jawab bersama.

“Kami tentu berharap penyelenggaraan pemilu di wilayah kita berlangsung secara kondusif. Kami ingin memastikan bahwa semua warga Kabupaten Sergai dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi ini dengan aman dan nyaman. Untuk itu, kami berharap kerja sama antara Pemkab Sergai, Bawaslu dan semua pihak terkait bisa terjaga dengan baik untuk memastikan pemilu berjalan dengan lancar, adil, dan transparan,” ujarnya.

Selain itu, Bupati menekankan bahwa Pemkab Sergai bertekad untuk menjaga netralitas ASN selama proses pemilu berlangsung. Menurutnya dan netralitas ASN sangat penting dalam memastikan bahwa pemilihan berlangsung secara adil dan demokratis.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Sergai Ewin Sahputra Saragih menyampaikan jika kehadiran pihaknya hari ini selain untuk bersilaturahmi juga bermaksud memperkenalkan para pimpinan Bawaslu Sergai yang baru saja dilantik.

“Kami harapkan kedepan jajaran Bawaslu dan Pemkab Sergai dapat bersinergi dalam menjadikan pemilu yang berintegritas di kabupaten ini,” katanya.

Hadir dalam audiensi ini di antaranya Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan drh. Andarias Ginting, M.Si, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kahar Effendi, S.Sos, Asisten Pemerintahan Umum Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan, SE, para anggota Bawaslu Sergai, Koordinator Sekretariat Bawaslu Bob Sofnel Hayadi, pengurus HMKI Sergai, dan perwakilan OPD terkait.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Irfan

Admin : Maya

495 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *