Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak, Bupati Sergai: “Semoga Bisa Jadi Motivasi”

Sei Rampah,

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali membuktikan komitmennya dalam mewujudkan daerah yang mampu merencanakan, menetapkan serta menjalankan program pembangunann dengan berorientasi pada hak dan kewajiban anak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), pada 23 Juli lalu, bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Semarang.

Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Adlin Tambunan saat ditemui di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (26/9/2023), menyebut, penghargaan ini merupakan pengakuan atas kerja kerjas Pemkab Sergai yang terus berupaya memenuhi hak-hak dan menjamin perlindungan maksimal terhadap anak.

Ia menjelaskan, ada banyak indikator yang mesti dipenuhi untuk mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Layak Anak, di antaranya penguatan kelembagaan, hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan dan kegiatan seni budaya, dan hak perlindungan khusus.

“Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Kemen PPPA, maka Kabupaten Sergai dinilai layak mendapat predikat Madya. Di Provinsi Sumut sendiri, ada 15 kabupaten dan kota yang mendapat penghargaan dari pemerintah pusat dengan rincian 8 kabupaten dan kota meraih kategori Pratama dan sisanya Madya,” ujarnya sembari menambahkan jika setelah Madya, ada tingkatan kategori di atasnya yaitu Nindya dan Utama.

Ia menambahkan, Kabupaten Sergai sendiri sudah rutin mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak sejak tahun 2010. Namun ia menyebut, Sergai baru menerima peningkatan kategori dari Pratama ke Madya sejak tahun 2021 lalu.

Sementara itu Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan menyampaikan jika penghargaan ini diharapkan jadi motivasi bagi seluruh pihak terkait untuk meningkatkan komitmen dalam menjamin kualitas hidup anak di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Mudah-mudahan penghargaan ini memacu kita untuk terus meningkatkan kualitas hidup anak sebagai generasi penerus. Semoga kedepan kita tetap bisa menyelenggarakan pemerintahan yang berbasis hak dan perlindungan anak demi semakin menegaskan jika Sergai merupakan kabupaten yang layak anak,” tambahnya lagi.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kepala Dinas P2KBP3A dr. Helminur Iskandar Sinaga, M.Kes, beserta jajaran. (Media Center Sergai).

 

Teks/Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin :Maya

691 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *