Bupati Apresiasi PT. PNM Dukung Pengembangan UMKM di Kabupaten Sergai

Tanjung Beringin,

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah tulang punggung ekonomi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Mereka tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga mendorong perkembangan lokal dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya saat mengahadiri acara Pengembangan Kapasitas Usaha: Mendirikan Perseroan Perorangan Tanpa Akta Notaris untuk UMKM Lebih Maju. Acara ini diselenggarakan oleh PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Pematang Siantar, di Wisma Lasmaria, Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (5/10/2023).

Bupati Sergai menyampaikan jika kegiatan semacam ini begitu penting karena bertujuan untuk mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Sergai. Dirinya juga secara khusus mengucapkan terima kasih kepada PT. PNM atas inisiatif dan kerja kerasnya dalam mendukung UMKM dan investasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Investasi adalah salah satu pilar utama dalam menggerakkan ekonomi suatu daerah, dan Sergai tidak terkecuali. Kami memahami bahwa investasi bukan hanya tentang modal finansial, tetapi juga tentang keberanian, inovasi, dan tekad untuk memajukan ekonomi lokal. Kami percaya bahwa kerjasama yang erat antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga keuangan seperti PT. PNM adalah kunci kesuksesan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah,” ujarnya.

Berbicara soal data, Darma Wijaya menyebut jika menurut data tahun 2021-2023 dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Sergai, tercatat sebanyak 12.107 UMKM yang tersebar di seluruh 17 kecamatan.

“Oleh karena itu, kami sangat berkomitmen untuk memberikan berbagai dukungan kepada UMKM, mulai dari pelatihan dan pendampingan hingga akses lebih mudah terhadap pembiayaan. Acara ini, yang bertujuan untuk membantu UMKM dalam mendirikan perseroan tanpa akta notaris, adalah langkah positif yang sejalan dengan visi kami untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif. Kami berharap para peserta akan mendapatkan wawasan berharga dan keterampilan yang dapat membantu mereka mengembangkan usaha mereka dengan lebih baik,” ucap Bupati lebih lanjut.

Kesempatan ini juga dipakai Bupati untuk mengajak investor untuk melirik potensi besar yang dimiliki Sergai. Menurutnya Sergai memiliki sumber daya alam yang melimpah, infrastruktur yang berkembang, dan potensi pasar yang besar. Pihaknya siap untuk berkolaborasi dengan investasi yang berkelanjutan dan berorientasi pada pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

“Dinas PMPTSP Kabupaten Sergai juga telah memberikan laporan realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) Kabupaten Sergai periode Januari-Juni 2023 sebesar Rp206.266.056.229 dan angka ini saya yakin sangat dapat kita tingkatkan bersama. Perizinan berusaha saat ini sudah berbasis risiko secara terintegrasi melalui sistem OSS akan menjadikan pengawasan terkoordinasi dengan baik, sehingga capaian realisasi investasi meningkat, serta diperoleh data yang lebih akurat,” tambah Bupati.

Terakhir Bupati yang akrab dengan panggilan Bang Wiwik ini menegaskan Pemkab Sergai terus berupaya untuk memberikan pelayanan dan kemudahan kepada pelaku usaha di mana pelaku usaha dapat meningkatkan pemahaman terhadap ketentuan dalam pelaksanaan penanaman modal dan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Melalui kegiatan ini juga, kami berharap meningkatnya kepatuhan pelaku usaha terhadap pemenuhan kewajiban pelaksanaan kegiatan usaha termasuk salah satunya Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang dilaporkan secara rutin dan berkala. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pelaku usaha yang telah melaporkan realisasi investasi melalui LKPM online hingga triwulan II tahun ini, dan jangan lupa untuk laporan triwulan III yang saat ini sudah bisa dilakukan sampai dengan tanggal 10 Oktober 2023,” tandasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini Kasubdit Penegakan Hukum Jaksa Agung Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung RI Yunani Adia, SH.,MH. Ikut pula hadir Kadisnakerkop-UMKM Sergai Ikhsan, AP, MAP, Kadis PMPTSP Reza Firmansyah, ST, Direktur Operasional Digital dan Teknologi Informasi PT. PNM Subar Basuki, Pemimpin Cabang PT. PNM Siantar, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Sergai serta para masyarakat. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

539 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *