Letakkan Batu Pertama Pembangunan Musala ke-33, Wabup Sergai Puji Program Geser Muse

Tebing Syahbandar

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan meletakkan batu pertama pembangunan Musala Fathul Ilmi 33, yang akan didirikan di SD Negeri No. 104320 Penggalangan, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kamis (5/10/2023).

Wabup Sergai menyebut pembangunan musala ini merupakan rangkaian dari program Gerakan Seratus Musala Sekolah yang menjadi bagian dari program Gerakan Seratus Musala Sekolah (Geser Muse).

Dirinya mengungkapkan kekagumannya kepada para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tergabung dalam Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam indonesia (AGPAII) Kabupaten Sergai yang menginisiasi program “Geser Muse”. Ia menyebut sumber pembiayaan program ini berasal dari infaq guru-guru PAI se-Kabupaten Sergai dan berkolaborasi dengan seluruh insan pendidikan di jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai melalui “gerakan semangat berinfaq Jum’at” yang telah digalakkan sejak Jum’at pertama di awal tahun 2022 yang lalu.

“Program ini sangat baik sekali. Mungkin saja baru Kabupaten Sergai yang melaksanakan kegiatan pembangunan ratusan musala tanpa mengandalkan dana dari APBD. Ini adalah bukti nyata bahwa semangat gotong royong dan kepedulian terhadap pendidikan agama masih sangat kuat di tengah-tengah kita. Mari kita jaga semangat ini dengan baik,” ucap Adlin Tambunan.

Menurutnya, berdirinya satu musala saja sudah memiliki nilai yang sangat berharga, apalagi lewat program ini yang menargetkan pembangunan 100 musala, bahkan mungkin lebih.

“Ini adalah komitmen kita untuk memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat dalam beribadah dan meningkatkan pemahaman agama. Saya mengajak kita semua untuk menjaga dan merawat setiap musala dengan penuh tanggung jawab,” ucapnya lagi.

Selain itu, pada kesempatan ini Adlin Tambunan mengajak para orang tua dan guru untuk mengajarkan anak-anak agar memiliki rasa tanggung jawab terhadap musala yang akan dibangun ini.

“Lebih dari itu, mari kita ajarkan bagaimana merawat musala dan masjid dengan baik. Biarkan anak-anak ini merasa senang dan antusias untuk datang dan beribadah. Ini adalah tempat yang akan membentuk karakter mereka, tempat dimana mereka akan belajar nilai-nilai agama dan moral,” tambahnya lebih lanjut.

Terakhir, Ia mengajak seluruh pihak untuk terus bersatu dalam semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap pendidikan agama.

“Program Geser Muse ini adalah bukti nyata bahwa kita bisa melakukan hal besar ketika kita bersatu dalam tujuan yang mulia. Saya yakin, dengan kerja keras dan kerja sama kita semua, kita akan berhasil mencapai target 100 musala bahkan mungkin lebih dari itu,” tandasnya.

Pada kesempatan serupa, Ketua program Geser Muse Muhammad Ramli menyebut jika ini adalah musala ke-33 yang akan dibangun.

“Musala ke-34 atau yang ke-35 rencananya akan dibangun di SD 102020 Firdaus, Kecamatan Sei Rampah. Alhamdulillah, pembangunan ini nantinya akan mendapat bantuan dari Bank Sumut cabang Sei Rampah,” ujar Muhammad Ramli.

Hadir dalam kegiatan ini Kadis Pendidikan Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, MM, Camat Tebing Syahbandar Alfian Purba, SE, MM, Kabag Kesra Raden Cici Sistiyansah, S.Sos, para kepala sekolah, para korwil, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

teks/editor : Ardi/Lenti

Reporter : Irfan

Admin : Julia

1.188 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *