Diikuti Ribuan Peserta, Sergai Kenalkan Potensi Wisata Arung Jeram Lewat Fun Bike dan Fun Run Tour de Bahbolon

Sipispis,

Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023 disambut dengan meriah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Hal itu terlihat dengan penyelenggaraan event Fun Run 10K dan Fun Bike 23K/35K Dambaan Tour de Bahbolon, di Sipispis, Minggu pagi (15/10/2023),

Kegiatan yang diramaikan oleh ribuan peserta ini masing-masing dibuka oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Tambunan di tempat terpisah.

Bupati Sergai yang berkesempatan membuka kegiatan Fun Bike 23K/35K di titik start di Desa Gunung Para, Kecamatan Dolok Merawan, menyampaikan kekagumannya atas animo masyarakat yang luar biasa terhadap penyelenggaraan kegiatan ini.

 

“Luar biasa sekali, banyak klub bersepeda yang terlibat dalam Fun Bike kali ini. Bukan cuma dari Sergai, tapi ada juga yang dari luar daerah seperti Medan, Siantar, Tebing Tinggi dan Batubara, bahkan ada yang dari Aceh,” ucapnya.

Meski ini kegiatan olahraga, Bupati berharap acara Fun Bike tidak diartikan sebagai ajang perlombaan atau mencari prestasi.

“Kita ikuti acara ini dengan goes santai. Jangan memaksakan diri, karena ini bukan mau berlomba atau mengejar juara. Yang penting kita bisa berolahraga bersama supaya sehat,” ucapnya.

Alih-alih menurut Darma Wijaya kegiatan ini lebih menitikberatkan pada promosi objek wisata Sungai Bah Bolon. Dirinya menyebut, untuk Fun Bike sendiri dibagi ke dalam dua rute yaitu 23 km dan 35 km. Para peserta bebas memilih rute sesuai dengan kemampuan. Sedangkan garis finish ditetapkan berada di Desa Bartong, bersama-sama dengan titik akhir Fun Run.

“Selesai kegiatan ini, Bapak-Ibu bisa menikmati sungai yang mengalir di sepanjang lokasi kegiatan. Kita bisa juga menikmati arung jeram di sana. Jeramnya tidak deras, tapi cukup landai. Cocok untuk dinikmati keluarga,” ucapnya.

Hadir dalam pembukaan Fun Bike 23K/35K ini Kapolres Sergai AKBP. Oxy Yudha Paratesta, Kakankemenag Sergai Zulkifli Sitorus, S.Ag, MA, mewakili Dirut PTPN III beserta jajaran, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan para peserta Fun Bike dan Fun Run dari berbagai lapisan.

Wabup Lepas Peserta Fun Run

Di tempat terpisah Wabup Adlin Tambunan melepas seribuan peserta Fun Run di garis start yang sekaligus jadi garis finish-nya di objek wisata Sungai Bah Bolon, Desa Bartong, Kecamatan Sipispis. Wabup mengaku sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini mengingat dirinya sangat menggemari kegiatan olahraga lari.

“Untuk Fun Run jarak tempuhnya 10 km dan diikuti seribu lebih peserta. Bahkan dari laporan, jumlahnya melebihi perkiraan,” katanya.

Ia menyebut para peserta yang ikut serta dalam event ini mendapatkan beberapa fasilitas menarik seperti sarapan pagi, jersey, medali, dan kupon door prize dengan berbagai hadiah menarik. Semua itu bisa diperoleh secara gratis.

“Kita berharap selain menyemarakkan Haornas, kegiatan hari ini bisa mempromosikan objek wisata arung jeram di Sipispis,” katanya singkat.

Sementara itu Vitro (31), salah seorang peserta Fun Bike asal Deli Serdang mengaku puas dengan acara yang berlangsung hari ini.

“Saya mengambil track tempuh 35 km. Jalurnya cukup menantang, tapi diselingi dengan pemandangan yang cantik. Ditambah lagi cuacanya juga cukup cerah,” ucapnya. (Media Center Sergai).

Tejs/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Tim Kominfo & Tim Media

Admin : Julia

798 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *