Wabup Sergai Resmikan Pembangunan Ruas Jalan dan Jembatan Penghubung di Sei Bamban

Sei Bamban,

Ruas jalan yang mulus di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali bertambah. Hal tersebut ditandai dengan diresmikannya pembangunan peningkatan ruas Jalan Desa Bakaran Batu, Desa Gempolan, Desa Sei Belutu, dan pembangunan jembatan penghubung Desa Gempolan oleh Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan, di Komplek Gereja Katolik St. Maria Kelapa Tinggi, Sei Bamban, Kamis (19/10/2023).

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan jika pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sergai menjadi prioritas kerja dirinya dan Bupati Sergai Darma Wijaya. Pembangunan tersebut, katanya, difokuskan untuk jalan penghubung antar kecamatan yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami meyakini jika kualitas infrastruktur akan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Banyak efek runtutan yang bisa dirasakan masyarakat kalau ruas jalan di desa kita baik. Kalau jalan mulus, maka ekonomi bagus,” ujarnya.

Dirinya menyebut, Pemkab Sergai menargetkan pembangunan infrastruktur di Sergai bisa mencapai angka 85% pada tahun 2024.

“Namun kami perlu kembali ingatkan supaya masyarakat bersama-sama meningkatkan rasa saling memiliki terhadap fasilitas publik yang sudah dibangun. Hal itu supaya kita bisa sama-sama menjaga ruas jalan yang sudah mulus dibangun,” ucapnya.

Ia kemudian merinci, pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sei Bamban tahun 2023, yaitu peningkatan ruas Jalan Kampung Pon-Jalan Bakaran Batu (Kelapa Tinggi) sepanjang 4.027 m dengan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 dengan pagu anggaran Rp9.814.000.000. Kemudian peningkatan ruas Jalan Sei Bamban-Sei Belutu sepanjang 678 m (rigid beton) sumber dana Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) tahun 2023 dengan pagu anggaran Rp3.000.000.000. Selanjutnya rehabilitasi 1 unit jembatan penghubung ruas Jalan Kp. Pon-Bakaran Batu (Simp. Kelapa Tinggi) ukuran 9 mx5 m dengan sumber dana APBD tahun 2022 dengan pagu anggaran Rp1.100.000.000.

“Sekali lagi saya berpesan, dengan adanya pembangunan ini saya harapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sergai, khususnya masyarakat Kecamatan Sei Bamban untuk memastikan penggunaan jalan dan jembatan tersebut sesuai dengan kapasitas kelas jalan yang dibangun, serta bersama-sama menjaga dan merawat setiap pembangunan yang dibangun oleh Pemkab Sergai,” tandasnya.

Resman Sianturi, salah seorang tokoh masyarakat, menyampaikan rasa terima kasih atas progres pembangunan yang dilaksanakan di desanya. Di kesempatan ini ia juga mengajak masyarakat untuk aktif membayar PBB.

“Dengan membayar pajak, kita menunjukkan rasa terima kasih dan kontribusi kita kepada pemerintah daerah atas pembangunan yang telah dilakukan serta mendukung pembangunan selanjutnya,” ucapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kadis PUTR Sergai Johan Sinaga, SE, MAP, Kadis PMD Drs. Fajar Simbolon, M.Si, Camat Sei Bamban Donny Salfaria Simarmata, S.STP, M.SP, Anggota DPRD Sergai Yusnani, serta para kepala desa. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

235 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *