Bupati Sergai Pembina Upacara pada Peringatan Hari Amal Bhakti ke-78

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten  Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Kantor Kementerian Agama menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 di Halaman Kantor Kementerian Agama Sergai di Sei Rampah, Rabu (3/1/2024). Bupati Sergai bertindak sebagai Inspektur upacara yang bertemakan Indonesia Hebat Bersama Umat.

“Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya, setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama” kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam pidatonya yang dibacakan Bupati Sergai Darma Wijaya.

Lebih lanjut disampaikan Menag bahwa spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal  bakti yang semakin mendalam dan paripurna. Hari Amal Bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya   terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama.

 

“Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama. Di antara tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama”, katanya.

Bupati Darma Wijaya menyebut bahwa Kementerian Agama memiliki  tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat  adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

“Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. Tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini yakni Indonesia Hebat Bersama Umat bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat.,”ujarnya.

Untuk itu, Bupati minta melalui peringatan hari ini, seluruh jajaran Kemenag Kabupaten Sergai agar meningkatkan birokrasi yang melayani sehingga dapat melayani umat dengan senang hati dan penuh pengabdian.

“Mari mewujudkan birokrasi yang melayani. Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia hebat” pungkasnya.

Turut hadir diacara tersebut Wakil Bupati Adlin Tambunan, Unsur Forkopimda Sergai, jajaran Kemenag Sergai serta undangan lainnya.

Teks/Editor : Lenti/Rini Ry

Reporter : Jefri

Admin :Maya

340 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *