Bupati dan Wabup Buka Pameran Pembangunan dan Bazar UMKM Meriahkan HUT ke-20 Sergai

Sei Rampah,

Rangkaian acara dalam memeriahkan perayaan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus berlanjut. Hari ini, Kamis (4/1/2023), Hari Jadi tersebut diwarnai dengan Pembukaan Pameran Pembangunan dan Bazar Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Acara ini diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Sergai, Sei Rampah.

Tampak hadir Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Tambunan dan sejumlah unsur FORKOPIMDA Kabupaten Sergai, SEkdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketus GOPTKI Ny Hj Aini Zetara Adlin Tambunan, Asisten, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD turut mendampingi Bupati dipembukaan tersebut.

 

Ditemui saat mampir di beberapa stan yang menjejeri alun-alun, Bupati Darma Wijaya menyebut acara ini menjadi wujud konkret dari semangat kebersamaan dan kolaborasi dalam memajukan sektor pembangunan dan UMKM di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Pameran Pembangunan dan Bazar UMKM ini tidak hanya sekadar pameran produk dan jasa lokal, tetapi juga menjadi ajang promosi dan sarana untuk memperluas jaringan bisnis. Ini adalah kesempatan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Sergai untuk tampil dan berkembang,” ujarnya.

 

 

Dirinya berharap geliat perekonomian lokal yang digerakkan oleh pelaku UMKM Sergai dapat semakin meningkat lewat terlaksananya acara kali ini.

“Mari warga Sergai ramaikan Alun-alun ini. Ada banyak pilihan makanan, minuman, dan jajanan lokal yang menarik. Ini merupakan dukungan penting untuk menumbuhkan perekonomian kita,” tambah Bupati.

Selain pelaku UMKM lokal, Bupati menyebut pameran dan bazar ini juga diisi oleh perwakilan dari berbagai pihak, mulai dari OPD, lembaga pendidikan, instansi vertikal dan lainnya. Di stannya masing-masing, mereka tampak menampilkan berbagai produk unggulan, pelayanan, dan inovasinya. Acara ini juga diramaikan dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Perpustakaan Keliling, Pelayanan KTP Gratis, pengobatan dan vaksinasi hewan gratis serta masih banyak lagi.

  

 

Tidak hanya itu, Darma Wijaya menginformasikan kalau acara hari ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan menarik yang menekankan kearifan lokal. Misalnya saja ia menyebut, masyarakat yang hadir dalam menyaksikan penampilan tarian Serampang Dua Belas.

“Kita tahu bersama, Tari Serampang Dua Belas penciptanya adalah warga asli Sergai. Beliau adalah Guru Sauti yang lahir di Pantai Cermin. Pada momen HUT ke-20 Kabupaten Sergai ini juga diadakan kompetisi tari Serampang Dua Belas. Harapannya kesenian asli Sergai ini bisa semakin dikenal dan tidak tergerus zaman,” kata Darma Wijaya.

 

Di kesempatan serupa, Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan menyebut gelaran acara hari ini juga diisi dengan kegiatan bakar ikan atau yang dikenal dengan istilah sombam.

Sombam, yang merupakan budaya masyarakat nelayan, sebut Adlin Tambunan juga punya dampak signifikan bagi peningkatan sumber daya manusia.

“Ikan merupakan salah satu panganan dengan sumber gizi yang sangat baik. Saat ini Pemkab Sergai sedang gencar menyukseskan program pengentasan stunting. Lewat gerakan makan ikan ini, diharapkan konsumsi ikan di Sergai bisa semakin meningkat dan angka stunting bisa semakin rendah, bahkan tuntas,” katanya.

Perayaan HUT ke-20 Kabupaten Sergai sudah dimulai sejak Rabu (3/1) yang lalu dan akan terus berlangsung hingga acara puncak pada Minggu, 7 Januari mendatang. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Maya

892 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *