Sambut Hari Jadi ke-20, Pemkab Sergai Gelar Lomba Memancing 

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya menghadiri Kegiatan Lomba Memancing Ikan dalam rangka Memperingati Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai bertempat di BPAT Belidaan Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, Jumat (5/1/2024).

Lomba memancing ini diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Sergai dan diikuti seratusan peserta dengan dua kategori pemenang jumlah ikan terberat dan jumlah ikan terbanyak yang didapatkan oleh peserta.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan bahwa tepat pada tanggal 7 januari 2004, atau 20 tahun yang lalu, kabupaten ini lahir dari semangat otonomi daerah, semangat untuk mempercepat pemerataan pembangunan. Usia 20 tahun bagi seorang pemuda, tentulah usia puncak bagi dirinya dalam menentukan arah dan tujuan menggapai cita-citanya sesuai dengan potensi dan keinginannya dengan beragam perencanaan.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati bahwa layaknya remaja pada usia 20-an, Bupati dan Wakil Bupati terus berbenah diri untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Sergai dengan visinya maju terus, mandiri sejahtera religius”, terus kami upayakan dalam mewujudkan semangat pemekaran kabupaten, yaitu pemerataan pembangunan yang salah satunya adalah di sektor perikanan.

Dikatakan Bupati Sergai bahwa lomba memancing merupakan salah satu upaya keberlanjutan pengelolaan sumber daya perikanan di Sergai.

“Lomba memancing ini saya rasa merupakan bagian dari upaya keberlanjutan pengelolaan sumber daya perikanan kita, para pemancing adalah pahlawan dalam menjaga sumber daya alam di lingkungan perairan. Karena saat ini masih kita temui orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin menangkap ikan dengan cara merusak lingkungan, seperti menggunakan setrum, maupun racun. Praktik, yang kalau boleh saya katakan serakah dan tidak sabaran tersebut, bisa mengancam keberadaan ikan-ikan lokal di perairan kita”, ucapnya.

Di sisi sebaliknya, menurut Bupati para pemancing adalah orang yang sabar. Dan tidak serakah seperti halnya para perusak lingkungan tersebut. Pemancing itu sabar, tapi bukan berarti hanya pasrah menunggu rezeki atau keberuntungan, tetapi sabar yang penuh dengan perhitungan dan strategi. Oleh karenanya lomba memancing ini dilaksanakan dalam rangka Semarak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai.

“Dengan Semangat Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai ini, mari kita bersama mendukung Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius dengan pertanian dan perikanan yang berkelanjutan melalui kegiatan seperti memancing supaya kegiatan positif ini semakin membudaya di masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, S.I.K., Ketua PA Sei Rampah Syarifuddin, SHI, MH, mewakili Dandim 0204/DS, Para Asisten, Kepala OPD, Camat, Kades, para peserta dan undangan.

Teks/Editor : Lenti/Rini Ry

Reporter : Jefri

Admin : Julia

314 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *