Sukseskan Pemilu 2024, Disdukcapil Sergai Gelar Yanling Rekam KTP-El  bagi Pemilih Pemula

Sei Rampah,

Sebagai upaya dalam meyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan pelayanan keliling (Yanling) perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) di sekolah-sekolah, kantor pemerintahan, tempat pelayanan publik yang ada di Kabupaten Sergai.

Kadis Dukcapil Sergai Selamet Hartono, S.KMM.KM saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (17/1/2024) menyampaikan jika jajaran Dinas Dukcapil terus menggenjot perekaman KTP-El  disejumlah sekolah, lokasi pelayanan publik seperti rumah sakit, kantor pemerintahan dan lainnya.

“ Kami terus bekerja ekstra ingin segera menuntaskan perekaman KTP-El ini bagi masyarakat sebelum pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang, khususnya bagi pemilih pemula yang potensial dan memang belum mempunyai KTP-El,” sebut Selamet sembari menambahkan jika nantinya yang bisa memilih pada pesta demokrasi mendatang adalah yang terdaftar dalam DPT dan sudah memiliki KTP-El.

Ditambahkannya khusus bagi pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP-El harus segera direkam untuk mendapatkan KTP-El tersebut yang menjadi syarat pemilihan. Pemilih potensial tersebut, kata Selamet lagi, termasuk yang akan berusia 17 tahun pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Ia menyebut, baragam upaya terus dilakukan salah satunya dengan menurunkan personil yang lebih banyak ke beberapa lokasi agar target perekaman ini dapat tercapai demi suksesnya Pemilu 2024 dengan penigkatan jumlah angka partisipasi masyarakat yang signifikan.

Selain itu, program ini juga untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat khususnya masyarakat pemula dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilu.

Pelaksanaan Yanling oleh Disdukcapil ini terdiri dari dua tim, dimulai tanggal 13 Desember 2023 hingga 12 Februari 2024.

“ jajaran Dinas Dukcapil berkeliling untuk mendekatkan layanan ke tengah masyarakat khususnya dalam memberikan layanan perekaman adminduk bagi pemula. Pembuatan adminduk seperti KTP EL bagi pemilih pemula ini dilayani secara langsung dan efesien,” terang Selamet Hartono.

Adapun beberapa sekolah dan pusat pelayan publik yang menjadi sasaran Disdukcapil dalam merekan KTP-El antara lain; pelaksanaan Yanling di Desa Juhar Kecamatan Bandar Khalifah, SMKS Satria Budi Perbaungan, SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu, perekaman KTP-El bagi ODGJ di RSUD. Sultan Sulaiman, Sekolah Madrasah Alwasliyah Tj.Beringin, SMA MAS Miftahhul Ulum Dolok Masihul, SMK Karya Utama Dolok Masihul.

Kemudian perekaman KTP-El bagi pemilih pemula yang dilaksanakan pada 21 -22 Desember 2023 lalu di SMKN 1 Pantai Cermin, SMAN 1 Tanjung Beringin,  SMAN 1 Sipspis, Lapas Tebing Tinggi, perekaman KTP-El bagi masyarakat di kantor-kantor Camat oleh Petugas Adminduk kecamatan dan lainnya.

“Tak hanya itu,  Dinas Dukcapil juga telah melakukan koordinasi kepada jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sergai dalam rangka pembahasan masyarakat yang belum melaksanakan perekaman KTP-El untuk pemilu 2024 yang dilaksanakan pada awal tahun kemarin,” kata Kadis Dukcapil seraya menyebut jika Dinas Dukcapil Sergai bersama Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota  telah mengikuti arahan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk konsolidasi pencapaian kinerja daerah yang dilakukan secara daring pada 3 Januari 2024 lalu.

Pada momen Hari jadi ke-20 Kabupaten Sergai lalu, Dinas Dukcapil juga menggelar pelayanan administrasi kependudukan di Alun-alun Sergai (Depan Masjid Agung Sergai Sei Rampah) yang berlangsung tanggal 3-7 Januari 2024.

“ Kami turut berperan aktif pada momen perayaan hari jadi Kabupaten Sergai yang lalu dengan menggelar pelayanan dokumen kependudukan masyarakat. Kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen adminduknya bisa mendatangi kantor pemerintahan terdekat. Ayo lengkapi dan urus dokumen kependudukan untuk sukseskan Pemilu 2024,” ucap Kadis Dukcapil Selamet Hartono. (Media Center Sergai/Ini Sergai Loh).

274 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *