Gelar Pelatihan, Bupati Sergai Harap Kader Dasawisma Semakin Tingkatkan Kompetensi

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-TKK) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menghadiri kegiatan pelatihan Kader Dasawisma. Pelatihan ini diselenggarakan di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (21/5/2024).

Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada TP-PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang telah bersedia menjadi narasumber pada kegiatan hari ini.

Melalui pelaksanaan kegiatan ini, Bupati Sergai berharap para kader mampu meningkatkan kapasitas sesuai dengan fungsinya sebagai wadah partisipasi perempuan, serta mitra pemerintah dalam membangun Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

“Gerakan PKK merupakan gerakan yang dibangun untuk mendukung program pemerintah dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat. Tujuannya yaitu memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat,sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan,” jabarnya.

Oleh sebab itu, menurut Darma Wijaya diperlukan pemantapan pengelolaan 10 Program Pokok PKK. Tim penggerak PKK bukan hanya sebagai fasilitator yang memberikan kegiatan tambahan untuk masyarakat, namun kegiatan tersebut dibuat untuk menunjang pembangunan. Kinerja anggota dan kader TP-PKK hingga ke tingkat desa harus dioptimalikan sampai ke kelompok Dasawisma di level paling bawah.

“Semoga para kader Dasawisma dapat bekerja dengan aktif sehingga dapat melakukan pengawasan dan pemberdayaan hingga ke masyarakat bawah dan menyentuh unit masyarakat terkecil, yakni keluarga. Peran PKK diharapkan dapat menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis dan mau mengubah keadaan kepada kemajuan,” ucap Darma Wijaya.

Bupati berharap dengan adanya kegiatan ini kader Dasawisma dapat menata kelembagaan kelompoknya dan semakin terbinanya kader Dasawisma dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK serta kader mampu mengelola data-data administrasi.

Sementara itu pada kesempatan serupa Ketua TP-PKK Sergai Rosmaida Saragih Darma Wijaya menyampaikan semoga dengan kehadiran TP-PKK Provinsi Sumut dapat memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh peserta acara hari ini, dalam meningkatkan kompetensi, serta menjadi langkah bersama untuk memperkuat komitmen dalam memberdayakan peran Dasawisma mempercepat pembangunan daerah, sesuai dengan tugas, fungsi serta perannya dalam mensejahterakan keluarga.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap kader Dasawisma akan semakin bertambah pengetahuannya dalam menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan serta mengirimkan data dengan tepat, cepat dan akurat sebagai informasi dari tingkat bawah hingga ke tingkat pusat,” ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Drs. Zulfikar, para pengurus PKK Kabupaten Sergai, dan para narasumber.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Jefri

Admin : Julia

89 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *