Jelang Idul Adha, Pemkab Sergai Tinjau Harga Pasar dan Pemeriksaan Hewan Kurban

Sei Rampah,

Menjelang Perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan sidak harga pasar yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dilaksanakan Jumat (14/06/24).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Pj Sekda Rusmiani Purba, SP, M.Si melaksanakan sidak pasar dengan meninjau harga komoditas di Pasar Sei Rampah seperti cabai, daging sapi, daging ayam, telur, sayur-sayuran dan lainnya.

Rusmiani Purba menjelaskan bahwa kegiatan sidak pasar ini merupakan salah satu langkah Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Sergai untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi dengan harga yang terjangkau, serta menjaga stabilitas ekonomi menjelang Idul Adha 1445 H, 17 Juni 2024 mendatang.

“Dari hasil tinjauan hari ini, harga-harga bahan pokok di Pasar Sei Rampah cenderung stabil dan tidak mengalami kenaikan. Kita berharap kebutuhan masyarakat akan sembako terpenuhi dan dengan harga yang cukup terjangkau sehingga pelaksanaan Idul Adha berjalan lancer,” ujarnya.

Kemudian ditambahkan Rusmiani dari hasil peninjauan harga pasar didapatkan harga bahan-bahan pokok terpantau stabil. Adapun bahan pokok seperti daging sapi dijual dengan harga Rp120.000, daging ayam Rp 22.000, cabai merah Rp 58.000, bawang merah Rp 48.000, tomat Rp10.000 dan bawang putih Rp 38.000.

Ia juga mengatakan bahwa Pemkab Sergai berkomitmen untuk terus memantau kondisi pasar dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan nyaman.

Setelah melakukan peninjauan pasar, Pj Sekdakab Rusmiani Purba emnghadiri pemeriksaan kesehatan hewan kurban dalam rangka pelaksanaan Idul Adha 1445 H yang berlokasi di Dusun V, Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Kegiatan ini menurut Pj Sekda sebagai bentuk fungsi pengawasan oleh pemerintah daerah dalam memastikan kesehatan dari hewan yang akan dikurbankan.

Dirinya juga mengatakan kondisi hewan kurban yang berada di kandang sudah di periksa oleh tim kesehatan hewan melalui Dinas Ketahanan Pangan Sergai dan hasilnya dalam kondisi sehat tidak memiliki penyakit dan layak untuk dikonsumsi.

“Sudah kita cek langsung bersama dengan tim kesehatan hewan dari Dinas Ketahanan Pangan, kita cek mulai dari umur hewan, kondisi fisiknya dan kita pastikan hewan kurban ini tidak terjangkit penyakit seperti PMK dan Antraks, ” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa semua hewan kurban yang sudah lolos uji akan mendapat surat keterangan kesehatan hewan sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi.

“Semua hewan yang sudah di periksa dan lolos uji akan mendapatkan surat keterangan kesehatan hewan sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Adminitrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan drh. Andarias Ginting, M.Si, Kadis Ketahanan Pangan Kamaluddin MMA, dan Kabag Perekonomian Setdakab Riris Ambarita SE. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Lenti/Rini Ry

Reporter : Hans

Admin : Julia

170 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *