Buka Lomba Renang Dambaan 2024, Bupati Sergai Harap Atlet Lokal Manfaatkan Fasilitas Olahraga yang Tersedia

Perbaungan

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Parbudpora) Kabupaten Sergai menggelar Lomba Renang Dambaan 2024 antar pelajar se-Kabupaten Sergai. Acara pembukaan berlangsung di Kolam Renang Erry-Soekirman, Perbaungan, Sabtu (29/6/2024).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan lomba ini. Ia mengatakan, lomba ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit atlet renang potensial dari kalangan pelajar di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Pembinaan dari usia dini sangat penting untuk mengarah pada pembinaan prestasi,” ujar Darma Wijaya.

Bupati Sergai juga menekankan pentingnya sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang latihan para atlet. Menurutnya, Kolam Renang Erry-Soekirman telah memenuhi standar pertandingan dan ia berharap para pelajar dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya.

Selain mencari bibit atlet, lomba ini juga diharapkan dapat menjadi sarana silaturahmi dan mempererat persatuan antar pelajar di Sergai.

“Mari kita ciptakan momen-momen yang akan kita kenang sepanjang hidup,” ajak Darma Wijaya.

Bupati yang punya sapaan akrab Bang Wiwik ini juga berpesan kepada para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan kepada para penonton untuk memberikan dukungan maksimal kepada para atlet.

Pada kesempatan ini, Darma Wijaya juga menyampaikan harapannya agar Sumatera Utara dapat meraih prestasi gemilang pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut ke-21 yang akan digelar pada tahun 2024.

“Kita harus terus membina anak-anak kita dan menjauhkan mereka dari kegiatan yang tidak produktif,” ujarnya.

Ia juga mendorong agar setiap anak di Sergai menguasai minimal satu cabang olahraga.

“Mari kita hidupkan kembali kompetisi olahraga dari tingkat sekolah, desa/kelurahan, kecamatan, dan seterusnya,” serunya.

Sebelumnya Kepala Dinas Parbudpora Sergai Drs. Akmal, AP, M.Si melaporkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menjaring calon atlet renang yang berpotensial dan bertalenta yang selanjutnya akan dibina oleh Cabang Olahraga.

“Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan animo pelajar untuk berolahraga renang di Kabupaten Sergai,” terang Akmal.

Dijelaskan olehnya, jumlah peserta yang telah mendaftar untuk lomba ini adalah sebanyak 62 orang dengan rincian 49 orang putra dan 13 putri dengan kategori usia yaitu kelahiran 2006-2009 dan 2010-2022.

“Ada 3 nomor yang diperlombakan yaitu gaya dada 50 m, gaya bebas 50 m, gaya punggung 50 m. Total hadiah mencapai Rp15.000.000,” jelasnya lebih lanjut.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Ketua KONI Sergai Usman Efendi Sitorus, para Kepala Sekolah, dan peserta lomba. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Budi

Admin : Julia

86 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *