Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Sergai Gelar Bimtek Pencatatan Sipil

Pantai Cermin,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan hadir sekaligus membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencatatan Sipil yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun Anggaran (TA) 2024. Bimtek ini dilaksanakan di Theme Park Pantai Cermin, Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (5/7/2024).

Dalam sambutannya, Wabup Sergai menyebut salah satu program prioritas Pemkab Sergai adalah Birokrasi Dambaan. Adlin Tambunan menyebut peningkatan kualitas pelayanan publik terwujud apabila kualitas sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pelayanan publik memiliki kompetensi dalam pelaksanaan tugasnya khususnya di bidang administrasi kependudukan.

“Pelayanan administrasi kependudukan memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pemerintahan dan pembangunan di suatu daerah. Penyelenggaraan administrasi kependudukan diarahkan sebagai wujud pemenuhan hak asasi setiap orang di bidang pelayanan administrasi kependudukan. Undang-Undang No. 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan telah mengamanatkan agar pemerintah mengambil peran aktif dalam pelayanan administrasi kependudukan,” ucap Adlin Tambunan.

 

Dirinya melanjutkan, pemerintah berkewajiban memberikan perlindungan hukum kepada seluruh warga negara Indonesia dengan memberikan dokumen kependudukan secara cepat, akurat, lengkap dan gratis.

Ia juga menjelaskan, pelayanan pencatatan sipil merupakan bagian dari pelayanan administrasi kependudukan, pencatatan sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami seseorang seperti kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pengangkatan pengakuan dan pengesahan anak serta kewarganegaraan dalam register pencatatan sipil pada instansi pelaksana.

“Saya berharap Dinas Dukcapil sebagai instansi pelaksana yang memiliki tugas pokok dan fungsi melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan kebijakan administrasi kependudukan, mampu memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh hak-hak sipilnya serta hindari mal administrasi seperti perlakuan diskriminatif, karena setiap penduduk memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kependudukan,” terangnya.

Melalui Bimtek ini, Wabup Sergai berharap nantinya seluruh peserta dapat memahami petunjuk teknis pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil dengan baik sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih cepat, dan mudah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kepada narasumber Bimtek saya juga mengharapkan, para narasumber dapat memberikan ilmu, bimbingan dan arahan bagi para peserta agar semakin memahami dan menjiwai tugas dan kewajiban dalam melayani masyarakat, khususnya dalam memberikan pelayanan pencatatan sipil,” kata Adlin Tambunan.

Melihat pentingnya kegiatan ini, Adlin Tambunan berharap perhatian para peserta untuk mengikuti Bimtek dengan serius, sehingga pengetahuan yang telah diperoleh dapat diimplementasikan di tempat kerja.

 

“Kepada para narasumber, saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan waktu dan kerjasama yang baik,” tandasnya.

Sebelumnya di kesempatan serupa, Kepala Dinas Dukcapil Sergai Selamat Hartono, SKM, MKM, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada peserta Bimtek tentang teknis pelayanan pencatatan sipil. Selain itu dirinya melanjutkan, Bimtek ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas SDM di Dinas Dukcapil.

“Terakhir diharapkan Bimtek ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan Dinas Dukcapil Sergai kepada masyarakat khususnya Bidang Pencatatan Sipil,” jelasnya sembari menambahkan jika kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini (4-5/7) diikuti oleh 44 orang peserta.

Bimtek kali ini menghadirkan dua narasumber yaitu Armansyah, SE dari Ditjen Dukcapil Kemendagri dan Yanuarlin Lubis, SE, M.Si dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provini Sumut. Hadir pula dalam kegiatan ini Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM.

Teks/Editor : Ardi/Lenti
Reporter : Budi
Admin : Maya

81 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *