Musim Penghujan, Yuk Kita Manfaatkan Tanaman Serai

Musim penghujan telah tiba dan akhir-akhir ini terus mengguyur beberapa daerah dan bahkan hampir diseluruh wilayah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Tak sedikit diantaranya bahkan ada beberapa desa yang terkena banjir akibat hujan deras.

Di musim penghujan (pancaroba) seperti ini tentu akan dikaitkan dengan datangnya berbagai jenis penyakit. Perubahan cuaca yang terjadi begitu cepat dapat meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit. Hal ini tidak lepas dari berbagai faktor, seperti peralihan suhu yang ekstrem.

Virus lebih mudah bertahan dan lebih cepat berkembang biak berkali lipat di suhu yang dingin sehingga lebih mudah menyerang manusia. Selain itu, udara dingin juga berdampak buruk pada kinerja sistem imun dalam melindungi tubuh dari virus-virus tersebut. Ketika tubuh terpapar udara dingin, pembuluh darah menyempit sebagai upaya mempertahankan suhu di organ-organ tubuh.

Saat musim penghujan (pancaroba) melanda, waspadalah karena ada berbagai penyakit yang rentan muncul dan menyerang. Berbagai penyakit yang rentan terjadi ketika musim pancaroba seperti sakit kepala, batuk pilek, nyeri sendi, serangan asma, demam berdarah, bahkan sakit mata. Nah untuk itu tentu kita harus tetap menjaga daya tahan tubuh, dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin, serta meminum ramuan tradisional yang mampu menyehatkan badan.

Salah satu tanaman yang bisa kita jadikan minuman tradisional adalah tanaman serai. Tanaman serai kerap kali kita jumpai dimana saja, termasuk di pekarangan rumah atau di pusat perbelanjaan (pasar), karena sifat tanaman serai yang mudah tumbuh sehingga memudahkan kita untuk menanmnya. Ada juga yang sengaja menanamnya untuk diperjualbelikan sehingga memiliki nilai jual.

Serai atau sereh merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Batang yang begitu khas sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai minuman tradisional dan bahan alami pengusir nyamuk. Tanaman ini biasanya ditanam oleh Masyarakat sebagai tanaman obat di pekarangan rumah.

Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, ternyata terdapat berbagai manfaat dan khasiat batang serai untuk kesehatan. Oleh karena itulah, banyak orang yang mengkonsumsi batang tanaman ini dalam bentuk wedang serai atau mengolahnya terlebih dahulu sebagai minyak atsiri. Beberapa manfaat dan khasiat batang serai yang mungkin belum  kita ketahui adalah sebagai berikut anti kanker, mengatasi diabetes, mengobati anemia, mengatasi bakteri dan jamur, mengatasi masuk angin dan perut kembung, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menurunkan kolesterol jahat, menguatkan sistem saraf, mengobati penyakit kulit, serta menurunkan tekanan darah.

Namun kebanyakan dari kita masyarakat Sergai sering mengolahnya sebagai wedang serai karena mudah untuk membuatnya, apalagi dimusim penghujan seperti ini, wedang serai ini mampu menghangatkan badan, apalagi runitinas kita yang diluar rumah. Batang serai yang hendak dibuat ramuan akan lebih nikmat apabila kita campur dengan bahan rempah lainnya, seperti kunyit, jahe, gula merah serta madu.

Teh yang terbuat dari campuran batang serai dan gula merah memiliki sifat menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, meminum teh serai dapat mengobati masuk angin, perut kembung dan gejala yang menyertainya. Selain batangnya dapat diminum sebagai wedang, daun serai juga dapat diekstrak menjadi minyak atsiri yang juga dapat menghangatkan tubuh.

Nah untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi minuman herbal seperti wedang serai atau wedang jahe yang telah di ramu, serta mengkonsumsi vitamin, dan jaga pola makan apalagi dimusim penghujan seperti ini. (Berbagai sumber/ISL).

3.768 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *